STUDI KASUS TENTANG PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN PENERIMAAN ORANGTUA TERHADAP ANAKNYA YANG AUTIS

Ridho Wijaksono, Ridho (2016) STUDI KASUS TENTANG PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN PENERIMAAN ORANGTUA TERHADAP ANAKNYA YANG AUTIS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_Ridho Wijaksono_11104244056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara mendalam tentang pengaruh dukungan sosial dalam membangun penerimaan orangtua terhadap anaknya yang autis. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive yaitu orangtua yang mempunyai anak autis. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi sehingga instrumen pendukungnya berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, lalu dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data antar sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, orangtua anak autis menerima dukungan sosial yang terdiri dari dukungan emosional berupa empati, kepedulian dan perhatian, dukungan penghargaan berupa penilaian positif terhadap ide dan gagasan dari cara pengasuhannya, dukungan instrumental berupa bantuan langsung dalam membantu meringankan pekerjaannya, dukungan informasi berupa berbagai nasehat, saran dan pengetahuan terkait anak autis. Berbagai dukungan sosial yang diterima tersebut membuat orangtua anak autis bisa menerima anaknya dengan baik yang ditandai dari komunikasi orangtua dengan anak, perhatian dan kasih sayang, keterlibatan orangtua, dan kepercayaan orangtua pada anak. Dukungan ini membuat orangtua merasa masih ada yang peduli, paham, menghargainya dan membuat orangtua termotivasi serta percaya diri dalam mengasuh dan mengembangkan anaknya yang autis sesuai potensi yang dimiliki. Kata kunci: dukungan sosial, penerimaan orangtua, anak autis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 19 Aug 2016 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 10:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40138

Actions (login required)

View Item View Item