EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN GESTALT TERHADAP PENINGKATAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALIMANAH, PURBALINGGA

Kharisma Hilda Lidyartanti, Kharisma (2016) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN GESTALT TERHADAP PENINGKATAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALIMANAH, PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
KHARISMA HILDA LIDYARTANTI_11104244058.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas konseling kelompok dengan pendekatan Gestalt dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif berjenis quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian pada penelitian ini berjumlah 288 siswa. Sampel penelitian yang digunakan memiliki ketentuan berada pada tingkat kategori rendah (X < 56), sehingga diperoleh 10 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa pedoman observasi dan skala penyesuaian diri. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon untuk menguji hipotesis. Uji non parametrik Wilcoxon ini dilakukan melalui program SPSS statistic 19.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan Gestalt efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kalimanah, Purbalingga. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien signifikansi sebesar 0,007 dan lebih kecil dari 0,05 dengan nilai Z=-2,964 yang menandakan bahwa H1 diterima. Pemberian treatment berpengaruh positif pada kelompok eksperimen dengan adanya peningkatan rata-rata (mean) skor, yaitu dari 56 menjadi 78,6. Kata kunci: konseling kelompok, pendekatan Gestalt, penyesuaian diri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 19 Aug 2016 00:28
Last Modified: 30 Jan 2019 10:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40136

Actions (login required)

View Item View Item