PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK “MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN” TEMA 7 UNTUK SISWA KELAS 2 SD NEGERI BANTUL TIMUR, BANTUL

Subekti Trimantoro, Achmad (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK “MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN” TEMA 7 UNTUK SISWA KELAS 2 SD NEGERI BANTUL TIMUR, BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Achmad_Subekti_T_12105244028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk modul pembelajaran tematik “Merawat Hewan dan Tumbuhan” tema 7 yang layak untuk siswa kelas 2 SD yang dapat digunakan sebagai penunjang sumber belajar dan media bantu dalam pembelajaran bagi guru maupun belajar mandiri bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg & Gall. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, melakukan perencanaan, melakukan pengembangan produk awal, melakukan uji coba lapangan awal, revisi produk I hasil uji coba lapangan awal, melakukan uji coba lapangan terbatas, revisi II hasil uji coba lapangan terbatas, melakukan uji coba lapangan luas, penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba adalah siswa kelas 2 SD Negeri Bantul Timur, Bantul yang terdiri dari uji coba lapangan awal 5 siswa, uji coba lapangan terbatas 15 siswa, uji coba lapangan luas 26 siswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Data dianalisis menggunakan metode dekriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran tematik “Merawat Hewan dan Tumbuhan” tema 7 untuk siswa kelas 2 SD Negeri Bantul Timur, Bantul layak digunakan sebagai penunjang sumber belajar. Hal ini ditunjukkan dari beberapa penilaian yang telah dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan uji coba lapangan. Hasil akhir penilaian produk oleh ahli materi menunjukkan bahwa modul pembelajaran tematik dinyatakan “Sangat Baik” dengan rata-rata skor 4,48 dan hasil akhir penilaian produk oleh ahli media menunjukkan bahwa modul pembelajaran tematik dinyatakan “sangat baik” dengan rata-rata skor 4,53. Pada hasil uji coba lapangan awal didapatkan hasil “baik” dengan persentase 90%, hasil uji coba lapangan terbatas diperoleh hasil “baik” dengan persentase 96,7% dan hasil uji coba lapangan luas diperoleh hasil “baik” dengan persentase 99,8%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Aug 2016 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 10:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40131

Actions (login required)

View Item View Item