PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI KUWARON 1 GROBOGAN JAWA TENGAH

Shoffa Hana, Ulya (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI KUWARON 1 GROBOGAN JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ulya Shoffa Hana_12105244002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif yang layak digunakan pada mata pelajaran IPA dengan materi “Daur Air dan Peristiwa Alam” untuk siswa kelas V di SD Negeri Kuwaron 1 Grobogan Jawa Tengah Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg & Gall. Pengembangan multimedia ini dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, melakukan perencanaan, pengembangan bentuk produk awal, validasi ahli, uji coba lapangan, dan revisi. Produk awal yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya dilakukan uji coba empirik kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu: uji coba perseorangan melibatkan 6 siswa, uji coba kelompok kecil melibatkan 12 siswa, dan uji coba lapangan melibatkan 20 siswa. Data dikumpulkan melalui angket. Pengembangan ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan berupa produk multimedia interaktif terdiri dari 1 kepingan Compact Disc beserta cover dan terdiri dari elemen teks, gambar, suara, animasi dan video yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA dengan materi “Daur Air dan Peristiwa Alam” bagi siswa kelas V SD Negeri Kuwaron 1 telah layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini didasarkan pada hasil penilaian validasi ahli materi dengan rerata 4,40 (sangat baik) dan hasil penilaian validasi media dengan rerata 4,00 (baik). Hasil yang diperoleh pada penilaian uji coba lapangan dengan rerata 4,7 (sangat baik).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Aug 2016 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 10:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40130

Actions (login required)

View Item View Item