KOMPETENSI GURU SD DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DI SD NEGERI PACAR SEWON BANTUL

Candrawati, Wisnu (2016) KOMPETENSI GURU SD DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DI SD NEGERI PACAR SEWON BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Wisnu Candrawati_12105241004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru SD N Pacar dalam menerapkan metode pembelajaran yang mencakup: (1) pemahaman tentang metode pembelajaran; (2) pelaksanaan metode pembelajaran; dan (3) faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis dengan model interaktif Miles dan Hiberman. Hasil penelitian ini adalah: (1) pemahaman tentang metode pembelajaran, yang meliputi; (a) definisi metode pembelajaran yaitu sebuah cara yang digunakan untuk menyampaikan materi kepada siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai (b) macam-macam metode pembelajaran yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi, kerja kelompok, pemberian tugas, pengamatan, eksperimen, demonstrasi, bermain peran, dan karyawisata.; (c) faktor-faktor yang menjadi pertimbangan pemilihan metode yaitu tingkat kelas, materi, tujuan, ketersediaan alat peraga, kondisi lingkungan dan peserta didik. (2) Pelaksanaan, meliputi; (a) tahap persiapan yang dilakukan adalah menyiapkan materi, alat peraga dan media yang disesuaikan dengan metode yang akan digunakan yang telah tercantum di RPP; (b) tahap pelaksanaan, guru menggunakan metode yang variatif, diantaranya kombinasi dari metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas diikuti dengan metode demonstrasi, eksperimen dan diskusi serta kerja kelompok; (c) tahap mengakhiri pembelajaran, disesuaikan dengan metode yang digunakan. (3) Faktor pendukung dan penghambat, yang meliputi; (a) faktor pendukung, terdiri atas kompetensi yang didasarkan pada kualifikasi akademik dan ketersediaan media yang cukup untuk mendukung guru untuk menyampaikan materi; (b) faktor penghambat, terdiri atas faktor struktural yaitu alokasi waktu yang kurang dan penyajian materi di buku pegangan murid yang kurang mendalam, faktor kultural yaitu dalam menggunakan metode memilih yang dianggap paling mudah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Aug 2016 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 10:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40127

Actions (login required)

View Item View Item