EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO TERHADAP PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A TK

Ariyani, Retno (2016) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO TERHADAP PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A TK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
RETNO ARIYANI_12105241015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media audio terhadap peningkatan perkembangan sosial emosional anak kelompok A TK. Perkembangan sosial emosional anak usia dini perlu ditingkatkan melalui media yang menarik untuk anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif pre experimental design dengan menggunakan jenis one group pretest-posttest design. Subyek dalam penelitian ini anak kelompok A berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi/pengamatan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan paired samples statistics dengan rumus Uji Paired T-test, dimana jika thitung > ttabel maka hasil penelitian dianggap berhasil. Hasil dari analisis data diketahui ada perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media audio. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian rata-rata sebelum perlakuan adalah 27.82, sedangkan hasil penilaian rata-rata setelah perlakan adalah 39. Hasil uji-t menunjukan thitung > ttabel. Dimana thitung > ttabel (8.665 > 2,073), sehingga Ha diterima. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio efektif terhadap peningkatan perkembangan sosial emosional anak kelompok A TK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Aug 2016 01:50
Last Modified: 30 Jan 2019 10:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40126

Actions (login required)

View Item View Item