Ariyani, Retno (2016) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO TERHADAP PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A TK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
RETNO ARIYANI_12105241015.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media audio terhadap peningkatan perkembangan sosial emosional anak kelompok A TK. Perkembangan sosial emosional anak usia dini perlu ditingkatkan melalui media yang menarik untuk anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif pre experimental design dengan menggunakan jenis one group pretest-posttest design. Subyek dalam penelitian ini anak kelompok A berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi/pengamatan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan paired samples statistics dengan rumus Uji Paired T-test, dimana jika thitung > ttabel maka hasil penelitian dianggap berhasil. Hasil dari analisis data diketahui ada perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media audio. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian rata-rata sebelum perlakuan adalah 27.82, sedangkan hasil penilaian rata-rata setelah perlakan adalah 39. Hasil uji-t menunjukan thitung > ttabel. Dimana thitung > ttabel (8.665 > 2,073), sehingga Ha diterima. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio efektif terhadap peningkatan perkembangan sosial emosional anak kelompok A TK.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | admin teknologi pendidikan fip |
Date Deposited: | 19 Aug 2016 01:50 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40126 |
Actions (login required)
View Item |