IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR WILAYAH SINDUHARJO, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Dedy Prastomo, Muhammad (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR WILAYAH SINDUHARJO, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Muhammad Dedy Prastomo_12105241010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses perencanaan pendidikan karakter, pelaksanaan pendidikan karakter, dan penilaian pendidikan karakter di sekolah dasar Wilayah Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wali kelas dua, wali kelas empat, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan kecukupan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) perencanaan pendidikan karakter juga diintegrasikan melalui pengembangan budaya sekolah pada kegiatan seharihari, kegiatan ekstrakulikuler pada kegiatan yang telah di programkan, dan kegiatan belajar mengajar yang dituangkan dalam RPP. (2) pembelajaran pendidikan karakter dilaksanakan dengan menyisipkan nilai-nilai karakter menggunakan model terintegrasi pada semua bidang studi dan model di luar pembelajaran, metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pendidikan karakter meliputi metode demokratis, pencarian bersama, siswa aktif, keteladanan dan pembiasaan. (3) penilaian pendidikan karakter dilakukan oleh guru berdasarkan hasil tugas dan pengamatan dalam proses kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan di luar kelas yang berpatokan pada tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Aug 2016 01:51
Last Modified: 30 Jan 2019 10:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40125

Actions (login required)

View Item View Item