PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARAMBOL CERDAS UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN NGENTAK BATURETNO BANTUL YOGYAKARTA

Buyung Pambudi, Andika (2016) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARAMBOL CERDAS UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN NGENTAK BATURETNO BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ANDIKA BUYUNG PAMBUDI_10105244019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk alat permainan edukatif Karambol Cerdas (Karodas) yang layak digunakan untuk siswa kelas V SD Negeri Ngentak, (2) mengetahui pengaruh produk alat permainan edukatif Karambol Cerdas (Karodas) yang dihasilkan dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan Research and Development dari (R&D) menurut Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan utama, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji coba pelaksanaan, penyempurnaan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas V SD Negeri Ngentak, subjek uji coba lapangan adalah 4 siswa, subjek uji coba lapangan utama adalah 8 siswa dan subjek uji coba pelaksanaan adalah 12 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen ahli materi, instrumen ahli media, instrumen siswa, dan instrumen pretest dan posttest untuk siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) alat permainan edukatif Karodas yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia pada kelas V Sekolah Dasar, hal tersebut berdasarkan hasil validasi ahli materi kategori sangat layak (4,8) dengan persentase kelayakan (96 %), hasil validasi ahli media kategori sangat layak (4,46) dengan persentase kelayakan (89,3%), uji coba lapangan mendapatkan persentase skor 87,5% termasuk dalam kategori layak. Uji coba lapangan utama mendapatkan persentase skor 92,1% termasuk dalam kategori layak. Uji coba lapangan operasional mendapatkan persentase skor 97,9% termasuk dalam kategori layak.. (2) Alat permainan edukatif Karodas yang dihasilkan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa, pengaruh alat permainan edukatif Karodas yang dihasilkan terhadap peningkatan hasil belajar sebesar 26,6.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Aug 2016 01:51
Last Modified: 30 Jan 2019 10:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40124

Actions (login required)

View Item View Item