Indriani, Ratnaningsih (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SD NEGERI JURUGENTONG, BANGUNTAPAN, BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Ratnaningsih I_12105244004.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas V di SD Negeri Jurugentong, Banguntapan, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SD Negeri Jurugentong Tahun Ajaran 2015/2016, sedangkan sampelnya yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu tes diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Pengujian prasyarat analisis yaitu perhitungan normalitas dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan perhitungan homogenitas menggunakan Levene Test. Metode analisis data yang digunakan adalah uji-t (independent sample t-test). Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 5,779 t dan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel sebesar 2,0129 dengan nilai signifikasi < 0,05 yaitu sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung> t tabel, jadi Ha diterima. Artinya, bahwa rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara nyata. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,79 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 69,08. Hal tersebut nampak bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada rata-rata hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) berpengaruh meningkatkan hasil belajar IPS pada kelas V.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | admin teknologi pendidikan fip |
Date Deposited: | 19 Aug 2016 01:51 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40122 |
Actions (login required)
View Item |