LAPORAN KEGIATAN PPL LOKASI UPT DISDIKPORA KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG

TRI ANGGA DEWI, TRI ANGGA DEWI (2014) LAPORAN KEGIATAN PPL LOKASI UPT DISDIKPORA KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TRI ANGGA DEWI - 11110244020 - PPL 2014.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Istilah gender sudah digunakan secara luas masyarakat di berbagai forum, baik yang bersifat akademis maupun non-akademis. Meskipun demikian, tidak selamanya istilah tersebut dipergunakan dengan tepat, bahkan terkadang mencerminkan ketidakjelasan pengertian konsep gender itu sendiri. Kekeliruan ini memiliki implikasi yang tidak kecil, khususnya apabila terjadi dalam proses pembuatan kebijakan. Kekeliruan ini bukan tidak mungkin menyebabkan kebijakan yang dihasilkan tidak tepat sasaran dan tidak mencapai tujuan yang diharapkan. Oleh karena itu kejelasan konsep gender penting sebagai langkah awal memahami pengarusutamaan gender. Konsep gender tidak merujuk kepada jenis kelamin tertentu (laki-laki atau perempuan). Berbeda dengan jenis kelamin, gender merupakan konsep yang dipergunakan untuk menggambarkan peran dan relasi sosial laki-laki dan perempuan. Gender merumuskan peran apa yang seharusnya melekat pada laki-laki dan perempuan dalam masyarakat. Konsep inilah yang kemudian membentuk identitas gender atas lakilaki dan perempuan yang diperkenalkan, dipertahankan, dan disosialisasikan melalui perangkat-perangkat sosial dan norma hukum yang tertulis maupun tidak tertulis dalam masyarakat. Berawal dari permasalahan semacam itu, peneliti akan meninjau kembali implementasi kesetaraan gender khususnya di lingkungan sekolah dasar di Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa PPL UNY, Srumbung, Kesetaraan Gender
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Aug 2016 07:23
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40114

Actions (login required)

View Item View Item