Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Kerja Laboratorium Induktif dan Deduktif terhadap Practical Skills dan Creative Thinking Skills Siswa SMA Negeri 3 Kupang

Yasintha, Maria (2016) Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Kerja Laboratorium Induktif dan Deduktif terhadap Practical Skills dan Creative Thinking Skills Siswa SMA Negeri 3 Kupang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maria-yasintha-14728251006.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membandingkan pengaruh pembelajaran kimia berbasis kerja laboratorium induktif dan deduktif terhadap peningkatan practical skills siswa kelas X SMA Negeri 3 Kupang pada materi redoks; serta (2) membandingkan pengaruh pembelajaran kimia berbasis kerja laboratorium induktif dan deduktif terhadap peningkatan creative thinking skills siswa kelas X SMA Negeri 3 Kupang pada materi redoks. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 410 siswa yang terbagi dalam 11 kelas X MIPA SMA Negeri 3 Kupang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa yang terdiri atas 35 siswa pada kelas eksperimen 1 dan 35 siswa pada kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan pembelajaran kimia berbasis kerja laboratorium induktif, sedangkan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan pembelajaran kimia berbasis kerja laboratorium deduktif. Penentuan sampel dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan lingkungan belajar, waktu belajar dan guru yang sama. Practical skills siswa diukur menggunakan teknik observasi, sedangkan creative thinking skills siswa diukur menggunakan tes berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran kimia berbasis kerja laboratorium induktif tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan practical skills siswa kelas X SMA Negeri 3 Kupang dibandingkan dengan pembelajaran kimia berbasis kerja laboratorium deduktif pada materi reaksi redoks; serta (2) pembelajaran kimia berbasis kerja laboratorium induktif tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan creative thinking skills siswa kelas X SMA Negeri 3 Kupang dibandingkan dengan pembelajaran kimia berbasis kerja laboratorium deduktif pada materi reaksi redoks.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kerja laboratorium, induktif, deduktif, practical skills, creative thinking skills, reaksi redoks
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Aug 2016 07:02
Last Modified: 09 May 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40113

Actions (login required)

View Item View Item