Implementasi Pendidikan Karakter Demokratis Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas XII Di SMA

Rawanoko, Endrise Septina (2016) Implementasi Pendidikan Karakter Demokratis Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas XII Di SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-endrise-septina-rawanoko-14730251008.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter demokratis pada siswa di SMAN 1 Kesamben Kabupaten Jombang melalui pembelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan oleh peneliti untuk memperoleh data saat proses pembelajaran berlangsung. Wawancara digunakan oleh peneliti untuk memperoleh data dari guru dan siswa di SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Jombang. Data dokumentasi yang diperoleh peneliti berupa perangkat pembelajaran yang dimiliki guru yaitu RPP. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui triangulasi teknik (observasi, wawancara, dan dokumentasi) dan pencocokan data dengan teori. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter demokratis melalui PPKn pada siswa kelas XII di SMA dapat diterapkan dengan baik menggunakan metode pembelajaran diskusi. Pendidikan karakter demokratis dikembangkan berdasarkan pada nilai-nilai demokrasi (toleransi, bebas mengemukakan pendapat, memahami keanekaragaman dalam bermasyarakat, terbuka dalam berkomunikasi, menjunjung nilai dan martabat kemanusiaan, percaya diri atau tidak menggantungkan diri pada orang lain, saling menghargai, mampu mengekang diri, kebersamaan, dan keseimbangan). Pada proses perencanaan yaitu RPP guru memasukkan karakter demokratis pada karakter kebangsaan. Pada proses pelaksanaan pembelajaran guru mengimplementasikan pendidikan karakter demokratis yang diterapkan pada pembelajaran PPKn siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Jombang melalui metode pembelajaran diskusi. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui moral knowing, moral feeling, and moral action pada implementasi pendidikan karakter demokratis melalui pembelajaran PPKn. Evaluasi yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran PPKn menggunakan 2 evaluasi yaitu (1) evaluasi tertulis; dan (2) evaluasi tidak tertulis. Evaluasi tertulis merupakan evaluasi dalam bentuk soal yang disebut ulangan harian sedangkan evaluasi tidak tertulis menggunakan skala sikap yaitu penilaian pada siswa saat proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter demokratis, pembelajaran PPKn
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Aug 2016 06:55
Last Modified: 09 May 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40110

Actions (login required)

View Item View Item