PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SMP KELAS VII SUBTEMA KEGIATAN EKONOMI DAN PEMANFAATAN POTENSI SUMBER DAYA ALAM

RAHMAWATI, KARINA (2016) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SMP KELAS VII SUBTEMA KEGIATAN EKONOMI DAN PEMANFAATAN POTENSI SUMBER DAYA ALAM. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
SKRIPSI_11416241041.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan e-learning berbasis Moodle sebagai sumber belajar IPS SMP; dan 2) mengetahui kelayakan e-learning berbasis Moodle sebagai sumber belajar IPS SMP berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan uji siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Metode penelitian ini menggunakan teori Borg & Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan siswa terbatas. Uji keterbacaan dilakukan oleh 30 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Magelang. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan model EKOP (Evaluasi Kelayakan dan Output Pembelajaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penelitian ini menghasilkan produk e-learning berbasis Moodle dengan subtema kegiatan ekonomi dan pemanfaatan potesi sumber daya alam melalui beberapa tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji lapangan awal, revisi tahap I, uji lapangan utama, dan revisi produk akhir, 2) Moodle layak digunakan sebagai sumber belajar IPS dengan kategori Baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi dengan skor 4,25 atau kaegori Sangat Baik; validasi ahli media dengan skor 4,08 dengan kategori Baik; dan tanggapan siswa pada uji lapangan utama sebesar 4 dalam kategori Baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 18 Aug 2016 06:50
Last Modified: 30 Jan 2019 10:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40107

Actions (login required)

View Item View Item