Implementasi Nilai-nilai Kepemimpinan KH. Ahmad Dahlan dalam Proses Pembelajaran IPS di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Lubis, Tanur (2016) Implementasi Nilai-nilai Kepemimpinan KH. Ahmad Dahlan dalam Proses Pembelajaran IPS di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
SKRIPSI 09416241039.swf

Download (2MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Nilai kepemimpinan di negara ini sudah mulai luntur. Pemerintah telah berupaya mengatasi masalah tersebut dengan mengeluarkan kebijakan pendidikan karakter, yang salah satu isinya adalah menanamkan nilai kepemimpinan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai kepemimpinan KH. Ahmad Dahlan dalam proses pembelajaran IPS di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Subjek penelitian ini adalah guru IPS dan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai kepemimpinan KH. Ahmad Dahlan telah dilaksanakan dalam proses pembelajaran IPS di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Implementasi nilai musyawarah dalam mengambil keputusan dilakukan dengan cara guru mempertimbangakan pendapat siswa pada saat menyimpulkan hasil diskusi dan pembelajaran. Imlementasi nilai memimpin dengan tindakan dilakukan dengan cara guru memimpin doa sebelum belajar. Pada saat guru meminta siswa untuk belajar guru akan mendampingi. Pada saat diskusi, guru meminta siswa untuk mendengarkan jika ada yang berpendapat. Pada saat siswa berpendapat guru juga mendengarkan. Selain itu implementasi memimpin dengan tindakan dilakukan dengan cara guru ikut merapikan dan membersihkan kelas pada saat guru meminta siswa merapikan dan membersihkan kelas. Implementasi nilai rela berkorban untuk kepentingan umum dilakukan dengan cara guru memberikan peralatan dan perlengkapan belajar siswa. Bentuk implementasi nilai berani berkorban lainnya adalah guru berkenan menjelaskan materi sampai diluar jam pelajaran. Kata Kunci: Implementasi nilai-nilai kepemimpinan KH. Ahmad Dahlan, pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 18 Aug 2016 06:43
Last Modified: 18 Aug 2016 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40105

Actions (login required)

View Item View Item