Pengembangan Komik sebagai Sumber Belajar dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP dengan Materi Erosi dan Sedimentasi

Zuhri, Dahrul Mahfudin (2016) Pengembangan Komik sebagai Sumber Belajar dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP dengan Materi Erosi dan Sedimentasi. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
SKRIPSI_09416241022.swf

Download (3MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan komik yang dikembangkan sebagai sumber belajar dalam mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP dengan materi erosi dan sedimentasi berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, penilaian guru IPS, dan uji coba terhadap siswa. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D)model Borg & Gall. Validasi menggunakan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran IPS.Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIIB MTs YAPI Pakem.Teknik pengumpulan data menggunakan angket.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan komik yang telah diuji kelayakannya sebagai sumber belajar dalam mata pelajaran IPSberdasarkan validasi ahli materi, ahli media, penilaian guru IPS, dan uji coba terhadap siswa. Hasil penilaian kelayakan komik, sebagai berikut: 1) analisis data hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa kelayakan komik termasuk dalam kategori baik dinilai dari aspek materi/pembelajaran dan aspek bahasa; 2) analisis data hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa kelayakan komik termasuk dalam kategori baik dinilai dari aspek desain, aspek ilustrasi, aspek tipografi, aspek lay out (tata letak), dan aspek bahasa; 3) analisis data hasil penilaian guru IPS menunjukkan bahwa kelayakan komik termasuk dalam kategori sangat baik dinilai dari aspek materi/pembelajaran, aspek bahasa, aspek desain, aspek ilustrasi, dan aspek tipografi; dan 4) analisis data hasil uji coba terhadap siswa menunjukkan bahwa kelayakan komik termasuk dalam kategori baik dinilai dari aspek materi/pembelajaran, aspek bahasa, aspek desain, aspek ilustrasi, dan aspek tipografi.Berdasarkan hasil tersebut, maka komik dengan materi erosi dan sedimentasi layak digunakan sebagai sumber belajar dalam mata pelajaran IPS kelas VII SMP. Kata kunci: komik, sumber belajar IPS, erosi, sedimentasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 18 Aug 2016 06:41
Last Modified: 18 Aug 2016 06:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40103

Actions (login required)

View Item View Item