Perbedaan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII Menggunakan Metode Team Quiz dan Course Review Horay (CRH) di SMP N 4 Wates

Wakhyuningtiyas, Devi (2016) Perbedaan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII Menggunakan Metode Team Quiz dan Course Review Horay (CRH) di SMP N 4 Wates. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241051.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII menggunakan metode Team Quiz dan Course Review Horay (CRH) di SMP N 4 Wates. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research dengan desain pretest-posttest non equivalent multiple groups design. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dari populasi yaitu siswa kelas VIII SMP N 4 Wates. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII B dan VIII E. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Validitas instrumen dihitung dengan Product Moment dan uji reliabilitas dihitung dengan Alpha Cronbach’s. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan teknik analisis deskriptif dengan perhitungan hasil angket menggunakan analisis Independent Sampel T-test. Hasil analisis uji-t dari hasil angket menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII di kelas eksperimen 2 (CRH) lebih tinggi daripada kelas eksperimen 1 (Team Quiz). Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII menggunakan metode Team Quiz dan CRH di SMP N 4 Wates. Kata kunci: Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPS, Metode Team Quiz, Metode Course Review Horay (CRH).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 18 Aug 2016 06:38
Last Modified: 30 Jan 2019 10:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40102

Actions (login required)

View Item View Item