PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERENCANAAN TEKNIK MESIN DENGAN PENDEKATAN BELAJAR KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI

Subiyono, Drs., M.P. (2007) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERENCANAAN TEKNIK MESIN DENGAN PENDEKATAN BELAJAR KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text (dokumen)
Subiyono.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini; pertama, mengidentifikasi dan meng¬ana¬lisis masukan tuntutan-tuntutan kompetensi dari para pakar industri tentang proses belajar mengajar Perancangan Alat Mesin, kedua merancang model pembelajaran proses beakar mengajar alat mesin dengan pendekatan kolaboratif, ketiga menerapkan dan meng¬analisis model pembelajaran di perguruan tinggi baik dari segi produk maupun prosedur. Metode yang digunakan adalah observasi ke industri dan se¬kaligus meminta masukan tuntutan-tuntutan kompetensi yang harus dimiliki seorang perancang dari para pakar industri dan para pakar pendidikan di bidang perancangan, mengidentifikasi bahan ajar, mengidentifikasi urutan pembelajaran, mengatur dan merancang stra¬tegi pembelajaran, validasi model pembelajaran Hasil yang didapat strategi dan bahan pembelajaran yang dikemas menjadi panduan mengajar guru, panduan belajar siswa, panduan evaluasi, dan lembaran kerja siswa Kesimpulan: pertama, hasil cakupan Kompetensi Peran¬cangan Alat Mesin Produksi meliputi merancang ide. Merancang peralatan mesin alternatif (modifikasi), mengembangkan desain (me¬nentukan ukuran dengan: rumus, diagram, tabel, katalog, ke¬ten¬tu¬an-ketentuan teknik, hand books, brosur, hasil penelitian, pe¬ma¬kai¬an serupa), merancang gambar kerja, merancang proses (me¬nentukan alat mesin, dan merancang langkah kerja), dan merancang biaya, kedua strategi pembelajaran Perancangan Alat Mesin Pro¬duk¬si memuat informasi tentang prosedur atau urutan pem¬be¬lajaran yang dikembangkan berangkat dari pembelajaran kolabo¬ratif, ke¬tiga bahan pembelajaran Perancangan Alat Mesin Produksi memuat informasi tentang keseluruhan materi pembelajaran yang dikem¬bangkan berangkat dari prosedur pembelajaran berbasis kolaboratif Kata kunci: pendekatan belar kolaboratif FT, 2007 (PEND. TEK. MESIN)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:51
Last Modified: 10 Aug 2012 05:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4010

Actions (login required)

View Item View Item