KEEFEKTIFAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS VII SMP

Ika Nafisatur, Rochaniah (2016) KEEFEKTIFAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI__Ika Nafisatur Rochaniah_12201241032.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan keterampilan bercerita siswa kelas VII SMP dengan menggunakan metode bermain peran dan keterampilan bercerita siswa kelas VII SMP dengan menggunakan metode konvensional. (2) membuktikan keefektifan metode bermain peran dalam pembelajaran keterampilan bercerita pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifdengan metode quasi eksperimen.Model penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gamping.Teknik penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling.Hasilnya ditetapkan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol masing-masing kelas berjumlah 34 siswa.Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan pendapat ahli.Data diperoleh dari skor tes praktik bercerita pada masing-masing kelompok.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%.Data diolah menggunakan program komputer SPSS versi 20.0.Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa skor pretes dan postes berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan keterampilan bercerita yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran keterampilan bercerita menggunakan metode bermain peran dengan siswa yang mendapat pembelajaran keterampilan bercerita menggunakan metode konvensional. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan nilai p sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf kesalahan 0,05 (0,000 < 0,05). Kedua, metode bermain peran terbukti efektif dalam pembelajaran keterampilan bercerita. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t pretes dan postes kelompok eksperimen, diperoleh nilai p sebesar 0,000 yanglebih kecil dari taraf kesalahan 0,05 (0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Aug 2016 08:02
Last Modified: 30 Jan 2019 10:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40095

Actions (login required)

View Item View Item