LAPORAN KEGIATAN PPL BIDANG DIKMEN DISDIKPORA KABUPATEN MAGELANG “KEBIJAKAN DISKRIPSI KERJA (JOB DISCRIPTION) SEBAGAI PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN DI SUBBAG UMUM DISDIKPORA KABUPATEN MAGELANG”

DHANU ANGGITA, DHANU ANGGITA (2014) LAPORAN KEGIATAN PPL BIDANG DIKMEN DISDIKPORA KABUPATEN MAGELANG “KEBIJAKAN DISKRIPSI KERJA (JOB DISCRIPTION) SEBAGAI PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN DI SUBBAG UMUM DISDIKPORA KABUPATEN MAGELANG”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DHANU ANGGITA - 11110244031 - PPL 2014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memenuhi tugas Praktek Pengalaman Lapangan.. Tema dari penelitian ini adalah penerapan Diskripsi Kerja (Job Discription). Diskripsi kerja merupakan program untuk menjelaskan dan membagi tugas pokok setiap pegawai di suatu intansi maupun suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan kenerja dari pegawai DISDIKPORA Kabupaten Magelang khususnya di subbag umum. Karena saat observasi sebelum penelitian, ditemukan kejanggalan terkait pelayanan yang dilakukan oleh pegawai Subbag Umum belum terkoordinasi dengan baik. Sehingga perlu dilakukannya sedikit pembenahan. Penelitia ini memakai pendekatan kualitatif dengan metode pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan meode diskriptif kualitatif, yang menggambarkan apa yang diperoleh secara apa adanya. Setting penelitian ini di Subbag Umum, DISDIKPORA Kabupaten Magelang. Hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa penyebab tugas pokok dan fungsi pada Subag Umum belum dijalankan secara konsisten yaitu penguraian deskripsi pekerjaan yang ada pada Subag Umum Dinas Pendidikan belum memenuhi ketentuan yang seharusnya termuat dalam sebuah deskripsi pekerjaan yang ditetapkan dalam pedoman analisis jabatan yang berdasar pada (KEP/29/M.PAN/6/2004).Deskripsi pekerjaan merupakan salah satu wujud dari formalisasi pekerjaan agar setiap pegawai menganggap bahwa pekerjaan yang dibebankan kepadanya merupakan hal penting yang harus dijalankan. Sedangkan pegawai pada subag Umum tersebut memiliki deskripsi pekerjaan yang tidak jelas dan lengkap hal tersebut merupakan pemicu tidak konsistennya tugas yang dijalankan selain dari pada aspek desain pekerjaan yang telah dibuat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Job description, DISDIKPORA Kabupaten Magelang.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Aug 2016 06:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40093

Actions (login required)

View Item View Item