LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER GANJIL AKADEMIK 2014/2015 SMK Negeri 4 Surakarta Jl LU Adisucipto No.40Surakarta (Jawatengah)

R AjMaridaDewiArdiarini, R AjMaridaDewiArdiarini (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER GANJIL AKADEMIK 2014/2015 SMK Negeri 4 Surakarta Jl LU Adisucipto No.40Surakarta (Jawatengah). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL MARIDA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL dapat memberikan Kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya. Mahasiswa juga dapat belajar dan menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna pengembangan lembaga pendidikan yang bersangkutan. Sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman faktual yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya dimasa yang akan datang, dalam kaitanya sebagai tenaga pendidikan Kegiatan PPL dilaksanakan SMK N 4 Surakarta yang terletak di JI LU AdiSucipto No 40. Di sekolah ini mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program sekolah. kegitaan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktek mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP dan Silabus. Teknik pelaksanaan dimana mahasiswa yang ditempatkan dilokasi selama kurang lebih dua setengah bulan yaitu mulai tanggal 2 juli 2014-19 september2014. Pelaksanaan dari PPL itu sendiri secara teknis dilaksanakan setelah tahun ajaran baru yaitu 2014/2015 dimulai sekitar bulan 14 Juli 2014. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar dengana lokasi waktu 7, 4, dan 5 x 45 menit tiap pertemuan di kelas Boga X. XI, XII.Hasil yang diperoleh dari kegitan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalamannya berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengolahan kelas. Mahasiswa juga mempunyai pengalaman untuk mengatasi siswa yang mempunyai hambatan terutama dalam belajar. Selain itu mahasiswa juga mempunyai bekal untuk lebih menambah pengayaan di bidang masingmasing demi kemajuan peserta didik itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Aug 2016 04:25
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40089

Actions (login required)

View Item View Item