Pengaruh Micro Teaching dan Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa Terhadap Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Mahasiswa Prodi PKn UNY

Fikri, Muhammad Arif Al (2016) Pengaruh Micro Teaching dan Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa Terhadap Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Mahasiswa Prodi PKn UNY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-arif-al-fikri-1473025102.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah: (1) pengaruh micro teaching terhadap pembentukan karakter tanggung jawab mahasiswa Prodi PKn, (2) pengaruh kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa terhadap pembentukan karakter tanggung jawab mahasiswa Prodi PKn, dan (3) pengaruh micro teaching dan kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa terhadap pembentukan karakter tanggung jawab mahasiswa Prodi PKn. Jenis penelitian ini ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian yaitu mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah micro teaching sekaligus juga mengikuti kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa, dosen pengampu mata kuliah micro teaching angkatan 2012, dan pembina ekstrakurikuler mahasiswa. Uji instrumen melalui experts judgment kemudian diuji validitas dengan rumus product moment dan diuji reliabilitas dengan rumus Cronbach alpha. Data dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan tiga temuan. Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan micro teaching terhadap pembentukan karakter tanggung jawab mahasiswa Prodi PKn UNY. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansinya 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan t hitung (5,762) lebih besar dari t tabel (2,000) (thitung>ttabel). Sumbangan efektif variabel micro teaching sebesar 34,6%. Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa terhadap pembentukan karakter tanggung jawab mahasiswa Prodi PKn UNY. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansinya 0,002 lebih kecil dari 0,05 dan t hitung (3,221) lebih besar dari t tabel 2,000 (thitung>ttabel). Sumbangan efektif kegiatan ekstrakurikuler sebesar 10,4%. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan micro teaching dan kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa secara bersama-sama terhadap pembentukan karakter tanggung jawab mahasiswa Prodi PKn UNY. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung (20,823) lebih besar dari F tabel (3,18) (Fhitung>Ftabel) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Koefisien determinasi (R2) sebesar 45,0%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: micro teaching,kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa,dan pembentukan karakter tanggung jawab
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Aug 2016 04:28
Last Modified: 09 May 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40088

Actions (login required)

View Item View Item