LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA

Nur Alfun Kartika Dewi, Nur Alfun Kartika Dewi (2014) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL ALFUN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiataninibertujuanuntuk(1)memberikanpengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. (2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga, baik yang terkait atau dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan. (3) meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah, atau lembaga pendidikan. (4) memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri. (5) meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Negeri 4 Surakarta dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, analisis hasil, dan refleksi. Dalampraktikmengajar (PPL)mengampu1matapelajaranyaitu Pengetahuan Bahan Makanan kelas XBoga 1,2 dan 3.Alokasiwaktu jam pelajarandalamsatumingguadalah9 jam (@45 menit. Metode mengajar yang sering digunakan praktikan saat mengajar ialah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, serta pengamatan. Kesimpulan dari kegiatan PPL ini adalah (1) PPL merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasainya kedalam praktik keguruan atau praktik kependidikan. (2)Kegiatan PPL merupakan salah satu sarana untuk menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan professional. (3) Kegiatan PPL membantu praktikan untuk belajar bagaimana berinteraksi dengan siswa baik di kelas (dalam proses pembelajaran) maupun di luar kelas (luar jam belajar) sehingga mahasiswa sadar akan perannya sebagai pengajar dan pendidik yang wajib memberikan teladan dan sebagai pengayom siswa di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2014, SMK Negeri 4 Surakarta, Kependidikan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Aug 2016 04:16
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40086

Actions (login required)

View Item View Item