Manajemen Pembelajaran Tari Klasik Gaya Yogyakarta di Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa Yogyakarta

Purwandari, Yunita (2011) Manajemen Pembelajaran Tari Klasik Gaya Yogyakarta di Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yunita-purwandari-08703254015.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran tari klasik gaya Yogyakarta di Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa. Kajian penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran tari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode etnografi. Penelitian dilaksanakan selama delapan bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, panduan wawancara, dan panduan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Informan dalam penelitian ini adalah pengelola Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa, Ketua Bidang Pendidikan, dan pengajar sanggar tari. Hasil penelitian tentang manajemen pembelajaran tari klasik gaya Yogyakarta meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran berupa menyiapkan materi yang akan disampaikan, memperhitungkan waktu dalam penyampaian materi, waktu dalam proses mandiri dan terbimbing, dan pemberian teknik menari yang benar dalam waktu satu semester. Pelaksanaan pembelajaran tari menggunakan metode demonstrasi, metode hitungan, metode keprak, metode interaktif, dan metode kombinasi. Tujuan dari proses pembelajaran tari adalah siswa dapat menarikan tarian dengan baik sesuai wiraga, wirama, dan wirasa. Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai oleh siswa, bentuk evaluasi terdiri dari evaluasi harian dan ujian kelas, atau uji pentas siswa. Aspek-aspek penilaian pada tari klasik gaya Yogyakarta di Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa antara lain: aspek wiraga (sikap kaki, sikap tangan, sikap badan, sikap leher, dan sikap mata), aspek wirasa yang terdiri dari (greged dan sengguh), aspek wirama, keluwesan, dan hafalan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran tari, tari klasik gaya Yogyakarta
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2016 05:33
Last Modified: 29 Jan 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40085

Actions (login required)

View Item View Item