PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK DAN TWITTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPS

Pramudawardani, Andisya Putri (2016) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK DAN TWITTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPS. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
SKRIPSI 09416244018.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh intensitas penggunaan jejaring sosial Facebook dan Twitter terhadap prestasi belajar Mahasiswa Pendidikan IPS dan (2) dampak intensitas penggunaan jejaring sosial Facebook dan Twitter terhadap Mahasiswa Pendidikan IPS. Penelitian ini merupakan penelitian survei eksplanasi (Explanatory Survey). Dengan variabel bebas adalah intensitas penggunaan Facebook dan Twitter dan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2012 dengan jumlah 50. Data diperoleh dari hasil kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh negatif antara intensitas penggunaan jejaring sosial Facebook dan Twitter terhadap prestasi belajar Mahasiswa Pendidikan IPS UNY. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefiesien korelasi sebesar -0,248 dan nilai koefisien determinasi (Rsquare) yang didapat sebesar 0,061. Persamaan regresinya dapat ditulis sebagai berikut : Y = 3,636 + (-0,010) X. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa nilai koefisien intensitas penggunaan jejaring sosial Facebook dan Twitter sebesar 0,064 yang berarti apabila nilai intensitas penggunaan jejaring sosial Facebook dan Twitter meningkat satu satuan maka nilai prestasi belajar akan menurun 0,010 satuan. (2) Gambaran dampak intensitas penggunaan jejaring sosial Facebook dan Twitter terhadap Mahasiswa Pendidikan IPS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dampak yang dialami oleh responden paling banyak adalah jenis pengaruh distraction dengan dampak penggunaan Facebook dan Twitter saat mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 18 Aug 2016 03:36
Last Modified: 30 Jan 2019 10:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40084

Actions (login required)

View Item View Item