PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP N 2 DELANGGU KLATEN

Sulistiyaningsih, Retno Endah (2016) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP N 2 DELANGGU KLATEN. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
SKRIPSI_09416244001.swf

Download (6MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Delanggu; (2) Pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Delanggu; (3) Pengaruh kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Delanggu. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Delanggu Klaten. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel proporsional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas instrumen diukur dengan analisis product moment, dan reliabilitasnya dengan rumus Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda dengan taraf signifikansi 0,05 Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Delanggu, yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (2,075 > 1,98) dengan demikian, semakin tinggi kemandirian belajar yang dimiliki siswa, maka akan berpengaruh dengan semakin tingginya prestasi belajar IPS siswa; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Delanggu, dengan nilai thitung > ttabel (2,309 > 1,98) dengan demikian, semakin tinggi intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah, maka akan berpengaruh dengan semakin tingginya prestasi belajar IPS siswa; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Delanggu, dengan nilai Fhitung > Ftabel (6,417 > 3,905), dengan demikian, semakin tinggi kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah, maka akan berpengaruh semakin tingginya prestasi belajar IPS siswa. Kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah memberikan sumbangan efektif 12,2% terhadap prestasi belajar,sisanya 87,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 18 Aug 2016 03:29
Last Modified: 18 Aug 2016 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40083

Actions (login required)

View Item View Item