Perbedaan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Mind Mapping dan Metode Two Stay Two Stray Siswa Kelas VIII SMP N 5 Banguntapan

Mislia, Tiara Septi (2016) Perbedaan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Mind Mapping dan Metode Two Stay Two Stray Siswa Kelas VIII SMP N 5 Banguntapan. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241015.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasilbelajar IPS menggunakanmetode Mind Mapping dan metode Two Stay Two Stray siswa kelas VIII SMP N 5 Banguntapan. (2) Efektivitas metode pembelajaran Mind Mapping dan Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 5 Baguntapan. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent multiple group design. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP N 5 Baguntapan Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dari populasi yaitu siswa kelas VIII SMPN 5 Baguntapan. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 dan VIII B sebagai kelas eksperimen 2. Kedua kelas dipilih karena mempunyai kesetaraan dalam pencapaian hasil belajar dibandingkan kelas lainnya.Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji-t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping dan metode pembelajaran Two Stay Two Straysiswa kelas VIII SMP N 5 Baguntapan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai sig sebesar 0,012 (0,012 < 0,05) dan diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel ( 2,581 > 2,001) maka Ho ditolak, dan Ha diterima. Hasil perhitungan gain score dari kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 diketahui bahwa kelas eksperimen 1 nilai gain score sebesar 0,61 sedangkan kelas eksperimen 2 nilai gain score0,42. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai gain score kelas eksperimen 1 lebih tinggi dari pada nilai gain score kelas eksperimen 2 (0,61 > 0,42) maka Ho ditolak, dan Ha diterima. (2) Metode pembelajaran Mind Mapping lebih efektif dari pada metode pembelajaranTwo Stay Two Stray hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t dan gain score Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Metode Two Stay Two Stray, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 18 Aug 2016 03:24
Last Modified: 30 Jan 2019 10:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40082

Actions (login required)

View Item View Item