EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAWDAN CAROSUSEL FEEDBACK TERHADAP KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GAMPING

Lestari, Dewi Putri (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAWDAN CAROSUSEL FEEDBACK TERHADAP KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GAMPING. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
SKRIPSI 12416244021.swf

Download (12MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan kerja sama dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran carosusel feedback pada pembelajaran IPS, 2) Keefektifan model pembelajaran jigsaw dan carousel feedback terhadap kerja sama siswa dan hasil belajar pada pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimen) dengan desain Pretest-Posttest Randomized Group Design, populasi yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gamping Tahun Ajaran 2015/2016, sedangkan sampelnya adalah yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII B sebegai kelas eksperimen 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan tes. Instrumen angket dan tes divalidasi dengan expert judgement dan diuji dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan perhitungan homogenitas menggunakan Levene Test. Metode analisis data yang digunakan adalah uji-t (independent sample t-test), dilanjutkan dengan ukuran efek(d). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan yang signifikan kerja sama siswa menggunakan model pembelajaran jigsaw pada hasil uji-t nilai thitung= 2,652 > nilai ttabel = 2,005 pada taraf sig. 5%, dan hasil uji-t pada hasil belajar siswa yaitu nilai thitung= 2,385 > nilai ttabel = 2,005 pada taraf sig. 5%, dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran carousel feedback pada pembelajaran IPS. 2) Besar ukuran efek model pembelajaran jigsaw terhadap kerja sama siswa 1,288 (d>0,8)/efek besar. Besar ukuran efek model pembelajaran carousel feedback terhadap hasil belajar siswa sebesar 1,143 (d>0,8)/efek besar. Hal ini berarti model pembelajaran jigsaw memberikan efek yang lebih besar terhadap kerja sama dan hasil belajar siswa. Dengan demikian model pembelajaran jigsaw efektif terhadap kerja sama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gamping. Kata kunci: Model pembelajaran Jigsaw, Model pembelajaran Carosusel feedback, Kerja Sama, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 18 Aug 2016 03:21
Last Modified: 18 Aug 2016 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40081

Actions (login required)

View Item View Item