HUBUNGAN ANTARA PANJANG LENGAN KEKUATAN OTOT LENGAN KOORDINASI MATA-TANGAN DAN DAYA LEDAK POWER OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRA TAHUN AJARAN 2015/2016 SMA NEGERI 8 PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO PROVINSI JAWA TENGAH

Prasetiadi, Ardyansyah (2016) HUBUNGAN ANTARA PANJANG LENGAN KEKUATAN OTOT LENGAN KOORDINASI MATA-TANGAN DAN DAYA LEDAK POWER OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRA TAHUN AJARAN 2015/2016 SMA NEGERI 8 PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO PROVINSI JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI _ Ardyansyah Prasetiadi _ 12601244138.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seringnya kegagalan siswa dalam melakukan smash dalam bermain bolavoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara panjang lengan, kekuatan otot lengan, koordinasi mata-tangan dan daya ledak (power) otot tungkai terhadap kemampuan smash peserta ekstrakurikuler bolavoli putra tahun ajaran 2015/2016 SMA Negeri 8 Purworejo Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah. Penelitian menggunakan desain penelitian korelasional dengan metode survei dan teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan pengukuran. Subjek penelitian ini adalah siswa putra SMA Negeri 8 Purworejo yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah anthropometer, neraca pegas, lempar tangkap bola tenis,dan tes vertical jump. Teknik analisis yang digunakan yaitu korelasi dan regresi ganda. Hasil penenlitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara panjang lengan, kekuatan otot lengan, koordinasi mata-tangan dan daya ledak (power) otot tungkai terhadap kemampuan smash peserta ekstrakurikuler bolavoli putra SMA Negeri 8 Purworejo. Koefisien determinasi yang diperoleh adalah 0,600 artinya (0,600 x 100%) = 60 % naik-turunnya kemampuan smash peserta ekstrakurikuler bolavoli putra tahun ajaran 2015/2016 SMA Negeri 8 Purworejo Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah ditentukan oleh panjang lengan, kekuatan otot lengan, koordinasi mata-tangan dan daya ledak (power) otot tungkai, sedangkan sisanya 40 % ditentukan oleh faktor atau variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: panjang lengan, kekuatan otot lengan, koordinasi mata-tangan dan daya ledak (power) otot tungkai, kemampuan smash
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Aug 2016 08:01
Last Modified: 30 Jan 2019 10:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40071

Actions (login required)

View Item View Item