LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 SURAKARTA KOTA SURAKARTA, PROVINSI JAWA TENGAH

Fitri Royani, Fitri Royani (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 SURAKARTA KOTA SURAKARTA, PROVINSI JAWA TENGAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-III.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program S1 kependidikan. Program PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; member kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam pembelajaran di sekolah. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2014 – 17 September 2014 sebanyak 21 kali praktik terbimbing dan mandiri. Sedangkan kompetensi yang diampu adalah Boga Dasar dan Tata Hidang dengan alokasi waktu tiap minggu, 7 jam untuk pelajaran Boga Dasar dan 5 jam untuk pelajaran Tata Hidang. Mahasiswa mengampu dua kelas yaitu X BOGA 4 dan XI BOGA 3. Kompetensi Boga Dasar dijadwalkan untuk kelas X BOGA 4 pada hari Selasa dan kompetensi Tata Hidang dijadwalkan untuk kelas XI BOGA 3 pada hari Jum’at. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan tambahan mengajar untuk kompetensi Produk Cake kelas XII BOGA 4 yang dijadwalkan hari Senin, kompetensi Tumpeng kelas XII BOGA 1 pada hari Kamis. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: persiapan sebelum mengajar meliputi penyusunan RPP, penyusunan materi ajar, penyusunan dan pengembangan media pembelajaran, dan evaluasi. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik meskipun terdapat hambatan-hambatan selama pelaksanaan kegiatan. Hambatan-hambatan selama pelaksanaan diharapkan dapat menambah pengalaman mahasiswa sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi diri dibidang pendidikan. Selain itu kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara pihak sekolah dan pihak universitas diharapkan dapat terjalin lebih erat dan dapat ditingkatkan lagi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 4 Surakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Aug 2016 02:58
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40066

Actions (login required)

View Item View Item