Evi Agustiayani, Evi Agustiayani (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER1.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (681kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (699kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (954kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (684kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program S1 kependidikan. Program PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam pembelajaran di sekolah. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2014 – 17 September 2014 sebanyak 16 kali praktik terbimbing dan mandiri. Sedangkan kompetensi yang diampu adalah Produk Cake dan Pengolahan dan penyajian Masakan Indonesia dengan alokasi waktu tiap minggu, 5 jam untuk pelajarn Produk Cake dan 7 jam untuk pelajaran Pengolahan dan penyajian Masakan Indonesia. Mahasiswa mengampu dua kelas yaitu XI BOGA 4 dan XI BOGA 2. Kompetensi Produk Cake dijadwalkan untuk kelas XI BOGA 4 pada hari jum’at dan kompetensi PPMI dijadwalkan untuk kelas XI BOGA 2 pada hari sabtu. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan tambahan mengajar untuk kompetensi Produk Cake kelas XII BOGA 4 yang dijadwalkan hari senin, Pastry Bakery kelas XI BOGA 4 pada hari Selasa. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: persiapan sebelum mengajar meliputi penyusunan RPP, penyusunan materi ajar, penyusunan dan pengembangan media pembelajaran, dan evaluasi. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik meskipun terdapat hambatan-hambatan selama pelaksanaan kegiatan. Hambatan-hambatan selama pelaksanaan diharapkan dapat menambah pengalaman mahasiswa sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi diri dibidang pendidikan. Selain itu kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara pihak sekolah dan pihak universitas diharapkan dapat terjalin lebih erat dan dapat ditingkatkan lagi.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMK N 4 Surakarta |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 18 Aug 2016 02:54 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |