Partai Politik Islam di Komunitas Abangan (kajian Sejarah Eksistensi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Desa Patikraja, Banyumas pada Pemilu 2004)

Hidayat, Rizki Nur (2016) Partai Politik Islam di Komunitas Abangan (kajian Sejarah Eksistensi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Desa Patikraja, Banyumas pada Pemilu 2004). S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 10406244016.swf

Download (2MB)

Abstract

Desa Patikraja adalah salah satu desa pinggiran Kota Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, dimana pada Pemilu 2004 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memperoleh kemenangan. Berdasarkan teori dari Clifford Geertz dilihat dari kesadaran beragama, mayoritas masyarakat desa tersebut, masuk kategori abangan, karena mereka umumnya tidak taat dalam menjalankan perintah agama. Melalui penelitian ini penulis bertujuan: (1) mengetahui gambaran umum budaya politik di Indonesia, (2) mengetahui eksistensi PKS pada pemilu 2004 di Desa Patikraja Banyumas, (3) mengetahui faktor yang mempengaruhi pemilih dalam menetukan pilihan partainya pada pemilu 2004 di Desa Patikraja Banyumas. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode sejarah kritis. Dalam penerapan metode sejarah kritis meliputi proses mengumpulkan data dan sumber, menguji data dan sumber tersebut, menganalisis data dan sumber dengan disertai kritik, baik kritik intern maupun kritik ekstern yang kemudian disajikan dalam tulisan karya sejarah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa (1) secara umum partai politik di Indonesia dapat dibagi kedalam dua kelompok, yaitu partai politik Islam dan partai politik sekuler. (2) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Kabupaten Banyumas, khususnya di Desa Patikraja telah berkembang dengan pesat pada Pemilu 2004. (3) Ditemukan alasan utama masyarakat memilih PKS adalah; pertama keberpihakan pada wong cilik Kedua, partai yang bersih dan peduli. Ketiga, peranan tokoh lokal, keterlibatan tokoh lokal baik tokoh keagamaan, tokoh pemerintahan, tokoh masyarakat yang mendukung PKS sangat membantu untuk mengarahkan masyarakat pemilih. Kata Kunci : PKS, Desa Patikraja, Banyumas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 18 Aug 2016 02:52
Last Modified: 30 Jan 2019 10:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40059

Actions (login required)

View Item View Item