Ambar Rizqi Firdausa, Ambar Rizqi Firdausa (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 Kependidikan di UNY, yang pelaksanaannya dilakukan disebuah institusi pendidikan dalam hal ini sekolah. Kegiatan PPL ini bertujuan (1) Memberikan pengalaman kepada mahasiswa di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan, (2) Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan pembelajaran, (3) Meningkatkan kemempuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampila yang telah didapat dari bangku kuliah untuk diimplementasika di sekolah secara nyata. Pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan.Salah satu tempat yang menjadi lokasi KKN-PPL UNY 2014 adalah SMK Negeri 4Surakarta yang beralamat di Jl. Adi Sucipto No.40 Surakarta. Metode yang digunakan dalam kegiatan PPL ini adalah unjuk kerja, yaitu dengan melakukan observasi pada tanggal 21Mei tahun 2014. Permasalahan-permasalahan yang didapatkan saat observasi digunakan sebagai acuan untuk penyusunan program kerja PPL di SMKN 4Surakarta tahun 2014. Seluruh pelaksanaan program kerja tersebut dikerjakan mulai dari tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa praktikan memperoleh praktik mengajar mata pelajaran Produk Pastry dan Bakery, dan Tata Hidang kelas XIBoga 4 semeseter I (gasal). Untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar tersebut, mahasiswa praktikan membuat, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Joobsheet, evaluasi, serta hasil penilaian. Dari kegiatan PPL ini, mahasiswa memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di bangku kuliah, terutama pengalaman mengajar di kelas yang sebenarnya. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 18 Aug 2016 02:47 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |