PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT HUMAN MACHINE INTERFACE (HMI) SISWA KELAS XII DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI OMRON CX-SUPERVISOR DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN

Ibrahim, M. Nur Fauzi (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT HUMAN MACHINE INTERFACE (HMI) SISWA KELAS XII DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI OMRON CX-SUPERVISOR DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
M. Nur Fauzi Ibrahim 12501241005.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT HUMAN MACHINE INTERFACE (HMI) SISWA KELAS XII DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI OMRON CX-SUPERVISOR DI SMK N 2 DEPOK SLEMAN Oleh: M. Nur Fauzi Ibrahim NIM: 12501241005 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kompetensi Membuat Human Machine Interface (HMI) Kelas XII setelah media pembelajaran aplikasi OMRON CX-Supervisor diterapkan dalam pembelajaran di SMK N 2 Depok Sleman, dan (2) Untuk mengetahui besar peningkatan kompetensi Membuat Human Machine Interface (HMI) Kelas XII setelah media pembelajaran aplikasi OMRON CX-Supervisor diterapkan dalam pembelajaran di SMK N 2 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XII Teknik Otomasi Industri SMK N 2 Depok Sleman. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 6 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tidakan, observasi, serta refleksi. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yaitu dengan cara mereduksi data, mendeskripsikan data, dan kemudian menyimpulkan hasil deskripsi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi OMRON CX-Supervisor dapat meningkatkan kompetensi siswa. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya tiga aspek, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada penilaian sikap, diawal siklus I 50,00% siswa telah menunjukan sikap baik. Kemudian meningkat menjadi 96,88% pada akhir siklus II. Keterampilan siswa pada awal siklus I memiliki nilai rata – rata 67,80 meningkat menjadi 88,07 pada akhir siklus II. Pengetahuan siswa pada awal siklus I memiliki nilai rata – rata 40,06 meningkat menjadi 79,06 pada akhir siklus II. Besar peningkatan kompetensi siswa dinilai dari tiga aspek, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Besar peningkatan sikap dari awal siklus I hingga akhir siklus II adalah 31,25%. Besar peningkatan keterampilan dari awal siklus I hingga akhir siklus II adalah 20,27 pada nilai rata – rata keterampilan. Dan Besar peningkatan pengetahuan dari awal siklus I hingga akhir siklus II adalah 39,00 pada hasil tes siswa. Kata kunci: kompetensi, human machine interface (HMI), sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Aug 2016 02:27
Last Modified: 30 Jan 2019 10:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40046

Actions (login required)

View Item View Item