Sumiatun, Sumiatun (2011) Pelaksanaan Pengembangan Profesionalisme Guru Pada SMK Negeri 3 Magelang. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-sumiatun-09703254018.swf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengembangan profesionalisme guru pada SMK Negeri 3 Magelang. Sekolah ini dipilih karena merupakan sekolah yang sudah melaksanakan SMM ISO 9001:2008. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sampel sumber data dipilih secara purposive. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru SMK Negeri 3 Magelang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dengan pengujian keabsahan datakredibilitas, transferability, dependability, dan confirmability. Data dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pengembangan profesionalisme guru di SMK Negeri 3 Magelang (1) masih terdapat guru mismact karena proses rekrutmen CPNS kurang memperhatikan bidang tugas guru yang dibutuhkan dan kesempatan pendidikan, dan pelatihan yang ada belum dimanfaatkan karena alasan sakit, (2) program pengembangan profesionalisme guru berupa pendidikan dan latihan kompetensi, seminar, pelatihan komputer, pelatihan bahasa Inggris, MGMP, supervisi, dan penugasan kepada guru, yang dilaksanakan melalui kerjasama dengan Dinas Pendidikan, LPMP, dan PPPPTK; namun programnya belum disusun secara sistematis dan terstruktur sehingga pelaksanaan tidak terjadual dengan baik, dan belum terpantau secara langsung, (3) pengembangan profesionalisme guru terhambat keterbatasan anggaran, waktu penyelenggaraan pelatihan komputer hanya menggunakan sisa waktu kosong laboratorium, pelatihan bahasa Inggris dilaksanakan di sore hari sehingga guru sudah capai dan kurang bersemangat, dan (4) untuk mengatasi hambatan tersebut kepala sekolah menambah anggaran dana, berperan penuh memberikan pembinaan, motivasi, mengusulkan dan memfasilitasi pengiriman pelatihan. Pelatihan komputer dilaksanakan pada libur akhir tahun pelajaran dan pelatihan bahasa Inggris dilaksanakan di lembaga pendidikan bahasa Inggris diluar sekolah dan diikuti oleh beberapa guru yang ditunjuk.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, profesionalisme guru |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2016 02:17 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40016 |
Actions (login required)
View Item |