PENGARUH PERMAINAN NET TERHADAP JAUHNYA LEMPARAN KE DALAM PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 KARANGANYAR, KEBUMEN

Ramadhan, Rachmat (2016) PENGARUH PERMAINAN NET TERHADAP JAUHNYA LEMPARAN KE DALAM PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 KARANGANYAR, KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil obesrvasi diketahui bahwa kemampuan lemparan ke dalam pada peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Karanganyar, Kabupaten Kebumen masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan seringnya pemain melakukan kesalahan dan tidak menghasilkan lemparan yang jauh untuk dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan permainan net terhadap kemampuan jauhnya lemparan ke dalam pada peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Karanganyar, Kabupaten Kebumen. Penelitian eksperimen ini menggunakan one group pretest-posstet design dengan perlakuan sebanyak 16 kali dengan pretest dan posttest. Subjek penelitian adalah peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Karanganyar sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah throw-in test dari Arsil (2002:125) dengan tingkat validitas sebesar 0,78 dan tingkat reliabilitas sebesar 0,73. Teknik analisi data menggunakan uji normalitas Chi-Kuadrat dan menggunakan uji-t test untuk pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttable (9,185>1,729) dan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf kesalahan (0,000<0,05), Peningkatan lemparan ke dalam sebesar 16,22%. Dengan rata-rata lemparan ke dalam saat pretest sebesar 11,50 dan posttest sebesar 13,37. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai posttest lebih besar dari pretest (11,50<13,37). Artinya ada pengaruh yang signifikan latihan permainan net terhadap kemampuan lemparan ke dalam pada peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Karanganyar, Kabupaten Kebumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: lemparan ke dalam, permainan net, sepakbola.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Aug 2016 07:12
Last Modified: 30 Jan 2019 10:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40000

Actions (login required)

View Item View Item