PENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI BILANGAN DENGAN MEDIA LINGKUNGAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK B RA MUSLIMAT NUGULON 1 SALAM MAGELANG

Nur, Fitriana (2016) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI BILANGAN DENGAN MEDIA LINGKUNGAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK B RA MUSLIMAT NUGULON 1 SALAM MAGELANG. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI_NUR FITRIANA_12111241038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasi bilangan dengan media lingkungan alam sekitar Kelompok B RA Muslimat NU Gulon 1 Kecamatan Salam, Magelang. Kemampuan operasi bilangan yang baik harus dimiliki oleh anak mengingat kemampuan dalam operasi bilangan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 20 anak Kelompok B di RA Muslimat NU Gulon Salam, Magelang yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan operasi bilangan penjumlahan dan pengurangan dengan media lingkungan alam sekitar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan catatan anekdot. Analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah ≥75% dari 20 anak Kelompok B RA Muslimat NU Gulon 1 Salam, Magelang dapat melakukan operasi bilangan penjumlahan dan pengurangan dengan sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan kemampuan operasi bilangan pada Kelompok B di RA Muslimat NU Gulon 1 Salam, Magelang. peningkatan dapat dilihat dari pratindakan yang menunjukkan persentase kategori sangat baik hanya sebesar 20% meningkat pada Siklus I dengan persentase sebesar 50%, peningkatan juga terjadi di akhir Siklus II, dimana persentase kategori sangat baik menjadi 85% naik 35% dari akhir Siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan melakukan operasi bilangan dapat ditingkatkan dengan penggunaan media lingkungan alam di sekitar anak. Kata kunci: operasi bilangan, lingkungan alam sekitar, kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 10:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39999

Actions (login required)

View Item View Item