PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKNIK MOZAIK PADA ANAK KELOMPOK B1 TK PKK 51 TERONG, DLINGO, BANTUL, DIY

Aninda Rismania, Ismafuri (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKNIK MOZAIK PADA ANAK KELOMPOK B1 TK PKK 51 TERONG, DLINGO, BANTUL, DIY. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Aninda Rismania Ismafuri_12111244024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui teknik mozaik pada anak kelompok B1 TK PKK 51 Terong, Dlingo, Bantul. Adapun indikator keterampilan motorik halus meliputi keterampilan menggunakan jari-jemari tangan dan koordinasi mata tangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan menggunakan model penelitian Kemmis & Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini seluruh anak kelompok B1 TK PKK 51 Terong yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah keterampilan motorik halus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu minimal 80% dari 15 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak kelompok B1 TK PKK 51 Terong dapat ditingkatkan melalui teknik mozaik dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) anak menjumput teserae dengan menggunakan dua jari, 2) anak memberi lem pada teserae yang telah dijumput, 3) anak menempelkan teserae berupa potongan kertas lipat, biji jagung, biji kacang hijau, monte, biji kedelai, biji gabah dan payat pada gambar yang telah disediakan. Peningkatan keterampilan motorik halus anak dapat dilihat dari hasil penelitian yaitu pada pratindakan diperoleh 4 anak (26,66%) berada pada kriteria berkembang sangat baik, pada Siklus I diperoleh 8 anak (53,33%) berada pada kriteria berkembang sangat baik dan pada Siklus II diperoleh 13 anak (86,66%) berada pada kriteria berkembang sangat baik. Penelitian dihentikan sampai pada Siklus II karena sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Kata Kunci: keterampilan motorik halus, teknik mozaik, anak kelompok B1

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:02
Last Modified: 30 Jan 2019 10:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39996

Actions (login required)

View Item View Item