PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS X SMA N 4 YOGYAKARTA

JAYANTA, SARATRI FAJAR (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS X SMA N 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12401244011.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar dan sikap demokratis siswa pada mata pelajaran PKn di kelas X SMAN 4 Yogyakarta. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian kuasi eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah PBL sebagai variabel bebas dan motivasi belajar dan sikap demokratis siswa sebagai variabel terikat. Populasi adalah 253 siswa kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Instrumen divalidasi rumus korelasi product moment. Sementara itu, untuk mengukur reliabilitas instrumen, diuji dengan rumus Cronbach alpha. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan t-test dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL pada mata pelajaran PKn mempengaruhi motivasi belajar dan sikap demokratis siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis t-test dengan menggunakan data akhir dari motivasi belajar dan sikap demokratis siswa di kelas kontrol. Menurut hasil t-test motivasi belajar di mana tingkat signifikan adalah 5%, thitung lebih besar dari ttabel (3,542>1,67252) atau dengan kata lain, tingkat signifikan adalah 0,001, yang lebih kecil dari 5% (0,05). Kemudian pada hasil t-test sikap demokratis tingkat signifikan adalah 5%, thitung lebih besar dari ttabel (3,846>1,67252) atau dengan kata lain, tingkat signifikan adalah 0,001, yang lebih kecil dari 5% (0,05). Selain itu, didukung hasil analisis gain score. Berdasarkan analisis gain score, pada motivasi belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar (3,1034) dibandingkan kelompok kontrol (0,6897). Kemudian pada sikap demokratis kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar (16,6552) dibandingkan kelompok kontrol (14,6552). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL pada mata pelajaran PKn mempengaruhi secara positif motivasi belajar dan sikap demokratis siswa dalam kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Kata kunci: Pengaruh, Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Sikap Demokratis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 18 Aug 2016 00:54
Last Modified: 30 Jan 2019 10:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39995

Actions (login required)

View Item View Item