Implementasi Pengembangan Civic Skills Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Perbandingan Kurikulum 2006 dan 2013 di SMP Kabupaten Temanggung)

Sulistianan, Indari (2016) Implementasi Pengembangan Civic Skills Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Perbandingan Kurikulum 2006 dan 2013 di SMP Kabupaten Temanggung). S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
SKRIPSI 12401241021.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan implementasi pengembangan civic skills dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP di Kabupaten Temanggung antara sekolah yang menggunakana Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan bentuk studi komparatif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penentuan subjek penelitian, penelitian ini menggunakan teknik purposif dengan kriteria guru Pendidikan Kewarganegaraan yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah mengajar lebih dari 10 tahun. Penelitian ini mengambil subjek sebanyak enam guru, tiga guru menggunakan Kurikulum 2006 dan tiga guru menggunakan Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik induktif dengan tahapan-tahapan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada sekolah yang menggunakan Kurikulum 2006 guru kurang mampu mengimplementasi pengembangan civic skills dalam perencanaan pembelajaran, guru kurang mampu mengimplementasikan pengembangan civic skills pada proses pembelajaran dan pada evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru tidak dapat menilai civic skills dengan baik. Sedangkan pada Sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013 implementasi pengembangan civic skills dalam perencanaan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik, implementasi pengembangan civic skills pada proses pembelajaran juga dapat dilaksanakan dengan baik, evaluasi pembelajaran berupa penilaian pun dapat dikembangkan dengan baik. Jadi secara keseluruhan implementasi pengembangan civic skills lebih baik pada sekolah yang menggunakan kurikulum 2013 dibandingkan dengan sekolah dengan kurikulum 2006. Kata Kunci: Implementasi, Pengembangan Civic Skills, Kurikulum 2006, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 18 Aug 2016 00:51
Last Modified: 30 Jan 2019 10:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39994

Actions (login required)

View Item View Item