Pendapat Guru PKn Tentang Hakikat Mengajar dan Pilihan Metode Mengajar di Sekolah Menengah Pertama Se-Kabupaten Temanggung

Oktaviani, Tria (2016) Pendapat Guru PKn Tentang Hakikat Mengajar dan Pilihan Metode Mengajar di Sekolah Menengah Pertama Se-Kabupaten Temanggung. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
SKRIPSIFULL12401241026.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1)untuk mengetahui pendapat guru PKn tentang hakikat mengajar di Sekolah Menengah Pertama Se-Kabupaten Temanggung 2)untuk mengetahui pilihan metode mengajar yang digunakan guru PKn di Sekolah Menengah Pertama Se-Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive. Adapun kriteria peneliti dalam menentukan subjek penelitian adalah guru yang mengajar PKn di SMP Se-Kabupaten Temanggung, SMP Negeri yang menggunakan kurikulum 2006 dan guru yang memiliki pengalaman mengajar PKn sekurangnya lima tahun saat penelitian dilaksanakan. Berdasarkan kriteria tersebut yang menjadi subjek penelitian adalah guru PKn di : 1) SMP Negeri 3 Temanggung, 2) SMP Negeri 4 Temanggung, 3) SMP Negeri 5 Temanggung, 4) SMP Negeri 1 Tembarak, 5) SMP Negeri 2 Selopampang, 6) SMP Negeri 1 Kedu, 7)SMP Negeri 1 Kledung, 8)SMP Negeri 2 Kledung, 9)SMP Negeri 1 Kaloran, 10)SMP Negeri 1 Kranggan, 11)SMP Negeri 1 Pringsurat, 12)SMP Negeri 1 Tlogomulyo.Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan cross check dari hasil wawancara antar subjek peneltian dengan dokumen, teknik analisis data dilakukan secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Dari 12 guru PKN Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Temanggung 5 guru berpendapat mengajar sebagai ilmu, 4 guru berpendapat mengajar sebagai ketrampilan, dan 3 guru berpendapat mengajar sebagai seni. Dapat dilihat bahwa jumlah terbanyak adalah guru yang memilih mengajar sebagai ilmu. Guru yang mengajar sebagai ilmu telah sesuai dengan prinsip standar proses pendidikan dasar dan menengah menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2)Guru PKn Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Temanggung dalam pemilihan metode mengajar mempertimbangkan materi ajar sesuai kurikulum dan silabus, dan kondisi siswa. Key Word: Pendapat, mengajar, PKn

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 18 Aug 2016 00:35
Last Modified: 30 Jan 2019 10:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39989

Actions (login required)

View Item View Item