LAPORAN INDIVIDU PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Disusun guna Memenuhi Tugas Akhir Praktik Pengalaman Lapangan Periode 2 Juli – 17 September 2014 Lokasi : SMP NEGERI 4 SLEMAN

FURI NIKE SUSANTI, FURI NIKE SUSANTI (2014) LAPORAN INDIVIDU PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Disusun guna Memenuhi Tugas Akhir Praktik Pengalaman Lapangan Periode 2 Juli – 17 September 2014 Lokasi : SMP NEGERI 4 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN POKOK.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah suatu program yang diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mentransfer, mentransformasikan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh mahasiswa dalam kehidupan nyata di sekolah ataupun lembaga pendidikan. Kegiatan PPL yang dilaksanakan secara bertahap mulai dari persiapan, observasi lingkungan sekolah, perumusan program kerja, dan pelaksanaan program kerja hingga penyusunan laporan. Kegiatan PPL itu sendiri bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau di lembaga, dalam rangka melatih atau mengembangkan kompetensi perguruan atau pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan, dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan, memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri, dan kelima ialah meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah sekolah dan lembaga terkait. Program kerja yang telah dilaksanakan merupakan suatu usaha dalam rangka mewujudkan tujuan- tujuan tersebut. Program PPL di SMP Negeri 4 Sleman yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juli – 17 September 2014. Selama melaksanakan PPL penyusun melaksanakan praktik mengajar di kelas VIIIA, VIIIB, VIIIC, kelas IXB dan IXC. Mahasiswa melakukan praktek mengajar di kelas dan di lapangan setiap hari rabu jam ke-1 7 sampai ke-5, jum’at jam ke-1 sampai ke-3 dan sabtu jam ke 1 sampai ke 5. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 08:21
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39971

Actions (login required)

View Item View Item