LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2014 LOKASI: SD NEGERI 1 SEKARSULI

ATMAJATI HESTI PURNAMI, ATMAJATI HESTI PURNAMI (2014) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2014 LOKASI: SD NEGERI 1 SEKARSULI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hal Judul, Pengesahan, abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI (BAB I - BAB 3).pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2014 merupakan program pendidikan yang tertuang dalam kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar. SD Negeri 1 Sekarsuli merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2014. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Sekarsuli berlangsung mulai tanggal 7 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Dengan kegiatan PPL diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan menggali pengalaman mengajar secara professional di lingkungan sekolah Secara umum, pelaksanaan kegiatan PPL berjalan baik sesuai dengan yang telah direncanakan. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari tiga jenis, yaitu praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian praktik mengajar. Pelaksanaan praktik mengajar terbimbing dilaksanakan delapan kali yaitu pada tanggal 12 Agustus sampai dengan 28 Agustus 2014, pelaksanaan praktik mengajar mandiri dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 01 dan 02 September 2014, dan ujian praktik mengajar dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 04 dan 08 September 2014. Masing-masing jenis praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan tinggi. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi observasi sekolah dan pembuatan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Dari pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri 1 Sekarsuli, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari kedalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD Negeri 1 Sekarsuli, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 07:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39941

Actions (login required)

View Item View Item