Febrian Yulius, Febrian Yulius (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
![]() |
Text
1. cover PPL.doc Download (55kB) |
![]() |
Text
2. Lembar Pengesahan.doc Download (1MB) |
![]() |
Text
3. Kata Pengantar.doc Download (32kB) |
![]() |
Text
4. Daftar isi.doc Download (28kB) |
![]() |
Text
5. Abstrak.doc Download (30kB) |
![]() |
Text
6. BAB I.doc Download (81kB) |
![]() |
Text
7. BAB II.doc Download (133kB) |
![]() |
Text
8. BAB III.doc Download (40kB) |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu universitas dengan latar belakang pendidikan memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional untuk dunia pendidikan. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik praktik, teori maupun lapangan diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada para mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Salah satu mata kuliah lapangan wajib lulus adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang mana sebagai latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler dimana sebelumnya mahasiswa mengikuti terlebih dulu mata kuliah micro teaching sebagai awal pembelajaran untuk praktek PPL. SMK Muhammadiyah Prambanan merupakan salah satu dari sekian sekolah yang dijadikan lokasi PPL UNY pada tahun 2014 ini. Secara umum sekolah ini mempunyai fasilitas yang cukup memadai,namun masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar dapat mendukung kelancaran seluruh aktifitas belajar mengajar di sekolah. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 2 Juli – 17 September 2014 sebanyak 8 kali praktik mandiri dan terbimbing. Sedangkan mata pelajaran yang diampu oleh penulis adalah PLC Terapan dan Teknik Listrik dengan alokasi waktu tiap minggu sebanyak 8 jam pelajaran dan penulis sendiri mengampu 2 kelas yaitu X Elin dan XII Elin Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Dimulai dengan persiapan PPL berupa konsultasi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, lab sheet, evaluasi dan lembar penilaian. Dalam pelaksanaan PPL terdapat beberapa hambatan namun masih dalam taraf wajar. Hambatan-hambatan tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi penulis untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Elektronika Industri, SMK Muhammadiyah Prambanan |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 06:38 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |