Zuri Al Hafis, Zuri Al Hafis (2014) Laporan Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) Universitas Negeri Yogyakarta Di SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
![]() |
Text
1. Cover.docx Download (86kB) |
![]() |
Text
2. Lembar Pengesahan.doc Download (207kB) |
![]() |
Text
3. Kata Pengantar fix.docx Download (88kB) |
![]() |
Text
5. Abstrak.doc Download (29kB) |
![]() |
Text
5. DAFTAR ISI.doc Download (88kB) |
![]() |
Text
6. Isi.docx Download (60kB) |
Abstract
Sebagai salah satu universitas dengan latar belakang pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional untuk dunia pendidikan. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik praktik, teori maupun lapangan diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada para mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK Muhamadiyah Prambanan yang ber-alamat di jalan Prambanan-Piyungan Km.1, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman ini dimulai pada tanggal 02 Juli 2014 sampai dengan tanggal 17 September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan diantaranya pembuatan Silabus & RPP, pembuatan/persiapan media pembelajaran, ringkasan materi/bahan ajar, dll.Secara umum dalam pelaksanaan PPL, proses kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa mengalami suatu hambatan yang berarti. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PPL adalah meningkatkan kemampuan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di bangku kuliah sekaligus memperluas wawasan dan pengalaman tentang kegiatan pendidikan dan kegiatan lain yang menunjang kelancaran proses belajar-mengajar di sekolah. Sebagai upaya peningkatan kualitas dan profesionalitas tenaga pengajar, kegiatan PPL perlu ditingkatkan dengan membina hubungan antar lembaga pendidikan yang terkait. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Harapnnya, semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 06:35 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39925 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |