LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 SRANDAKAN

Fitria Marthasari, Fitria Marthasari (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 SRANDAKAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JUDUL LAPORAN.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI 1.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Program PPL, merupakan kegiatan terpadu sehingga pelaksanaannya saling terintegrasi dan saling mendukung satu dengan yang lainnya. Tujuan yang ingin dicapai kedua program terpadu tersebut adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan dan merupakan penerapan ilmu yang didapat dari bangku perkuliahan maupun diluar perkuliahan, sehingga mampu mengembangkan potensi masyarakat lingkungan sekolah. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMP NEGERI 2 SRANDAKAN yang beralamat di Godekan, Poncosari, Srandakan, Bantul, dengan jumlah mahasiswa 9 orang. Kegiatan PPL di SMP NEGERI 2 SRANDAKAN dilaksanakan selama dua setengah bulan yaitu mulai tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Adapun program-program yang dilaksanakan berorientasi pada bidang akademik, baik yang sudah direncanakan maupun program yang tidak direncanakan sejak awal atau program insidental. Untuk program PPL individu yaitu meliputi kegiatan persiapan, kegiatan mengajar teori dan praktik Dasar Kompetensi Kejuruan. Hasil dari pelaksanaan PPL adalah pengetahuan terpadu dengan mengaplikasikan teori dan praktik disekolah. Selain harus mampu melaksanakan praktik mengajar dan mengelola administrasi kelengkapan guru, mahasiswa juga dituntut untuk memiliki kompetensi personal maupun sosial. Dalam praktik PPL, mahasiswa dituntut untuk selalu berinovasi terhadap pembelajaran, serta memadukan pembelajaran dengan pendidikan karakter. Banyak sekali pengalaman yang mengasyikan selama PPL, tetapi karakter sebagai guru belum dapat saya ciptakan karena minimnya pengalaman mengajar dan pertama kalinya berhadapan dengan siswa secara langsung. Pengalaman yang diperoleh tersebut sangat berguna bagi mahasiswa sebagai calon guru. Dalam melaksanakan kegiatan PPL, penyusun berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan berusaha menjalin kerjasama dengan semua pihak yang terkait demi kelancaran proses PPL tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Dasar Kompetensi Kejuruan, Praktik Mengajar, Kegiatan PPL.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 06:23
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39921

Actions (login required)

View Item View Item