LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN Tanjungtirto, Kalitirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta

Triyogo, Triyogo (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN Tanjungtirto, Kalitirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SAMPUL PPL.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PPL.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II PPL.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III PPL.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di dalam dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 2 Juli – 20 September 2014. Ada dua kegiatan yang dilaksanakan yaitu, pertama kegiatan praktik mengajar yang dimulai dengan pengajaran mikro, bimbingan dengan guru pembimbing, observasi kelas, pembekalan, pembuatan persiapan mengajar sampai pada tahap pelaksanaan yang meliputi praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, evaluasi dan penilaian. Sedangkan mata pelajaran yang diampu oleh praktikan adalah Pekerjaan Dasar Elektromekanik dengan alokasi waktu setiap minggu sebanyak 5 jam di kelas X TITL. Mata pelajaran ini dijadwalkan pada hari senin dan kamis, pada hari senin dimulai pada jam ke 9 sampai jam ke 11, sedangkan pada hari kamis dimulai pada jam ke 3 sampai jam ke 4. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa dituntut untuk mengajar setidaknya minimal delapan kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Harapannya, semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 06:22
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39920

Actions (login required)

View Item View Item