LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN Tanjungtirto, Kalitirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta

REZA REGATA, REZA REGATA (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN Tanjungtirto, Kalitirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Reza Regata.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 Kependidikan di UNY, yang pelaksanaannya dilakukan disebuah institusi pendidikan dalam hal ini sekolah. Kegiatan PPL ini bertujuan (1) Memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari permasalahan-permasalahan yang terdapat di sekolah, (2) Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai kedalam kehidupan nyata di sekolah. Pelaksanaan program KKN khusus untuk mahasiswa program studi kependidikan dipadukan dengan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (Guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi KKN-PPL UNY 2014 adalah SMK Nasional Berbah yang beralamat di Tanjungtirto, Kalitirto Berbah, Sleman. Seluruh pelaksanaan PPL tersebut dikerjakan mulai dari tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa praktikan memperoleh praktik mengajar mata pelajaran Kompetensi Kejuruan kelas X TITL semeseter I (ganjil). Untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar tersebut, mahasiswa praktikan membuat Administrasi Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Joobsheet, evaluasi, serta hasil penilaian. Dari kegiatan PPL ini, mahasiswa memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di bangku kuliah, terutama pengalaman mengajar di kelas yang sebenarnya. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatanhambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 06:13
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39917

Actions (login required)

View Item View Item