LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2014 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI Nama Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Ariza Eka Dharma S, Ariza Eka Dharma S (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2014 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI Nama Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11504241007_ARIZA EKA D S.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari praktik pengalaman lapangan adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mempunyai program PPL untuk mahasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas output dengan cara menunjukkan realita di lapangan khususnya sekolah agar para mahasiswa dapat lebih meningkatkan eksistensinya dalam dunia pendidikan serta menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan atau calon guru yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional. Praktik pengalaman lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Prambanan dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli s.d. 17 September 2014. Kegiatannya antara lain : Penyusunan Rencana Pembelajaran (RPP), menyusun materi pelajaran, menyusun job sheet, membuat soal evaluasi, praktik mengajar terbimbing dan mandiri, penerapan inovasi pembelajaran dan juga mempelajari dan melaksanakan menyusun buku administrasi guru, serta berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Secara keseluruhan program dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan target yang diharapkan. Dengan waktu kurang lebih 2,5 bulan semua program dapat terselasaikan. Kegiatan dalam belajar mengajar juga tidak mengalami gangguan yang serius. Hal ini dapat dilihat dari kenyataan bahwa pada tahap persiapan baik pengajaran mikro (micro teaching) maupun pembekalan sudah cukup memberikan bekal bagi praktikan untuk terjun ke lapangan karena sudah relevan dengan hal yang sebenarnya yang ada di lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 04:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39914

Actions (login required)

View Item View Item