IMPLEMENTASI METODE BELAJAR AKTIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT CHASIS DI SMK DIPONEGORO

Sigit, Adi Nugroho (2016) IMPLEMENTASI METODE BELAJAR AKTIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT CHASIS DI SMK DIPONEGORO. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sigit Adi Nugroho - 05504244015.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI METODE BELAJAR AKTIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT CHASIS DI SMK DIPONEGORO Oleh: Sigit Adi Nugroho NIM 05504244015 ABSTRAK Upaya perbaikan kualitas pembelajaran dapat dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Melalui pelaksanaan PTK, dapat diselesaikan permasalahan yang benar-benar dihadapi oleh sebagian besar siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui tahap-tahap penerapan model pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team dalam mata diklat Chasis pada siswa kelas XI SMK Diponegoro, dan (2) untuk mengetahui peningkatan partisipasi belajar siswa setelah penerapan metode belajar Aktif Tipe Quiz Team dalam mata diklat Chasis pada siswa kelas XI SMK Diponegoro. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas siswa kelas XI-A Jurusan Teknik Otomotif SMK Diponegoro tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action reseach). Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada masingmasing siklus. Pelaksanaan pembelajaran Aktif tipe Quiz Team dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pembelajaran Aktif tipe Quiz Team dilakukan dengan mengajak siswa belajar dalam kelompok yang terdiri dari 3 kelompok beranggota 7-8 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan analisis deskriptif untuk menggambarkan partisipasi belajar siswa selama pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan partisipasi belajar siswa pada mata diklat Chasis melalui implementasi pembelajaran Aktif tipe Quiz Team. Pada awal penelitian, siswa dengan partisipasi belajar yang minimal dalam kategori baik hanya sebanyak 5 siswa (22,7%). Setelah pelaksanaan siklus I, jumlah siswa dengan partisipasi belajar minimal dalam kategori baik meningkat menjadi 12 siswa (54,5%). Setelah pelaksanaan siklus II, jumlah siswa dengan partisipasi belajar minimal dalam kategori baik kembali meningkat menjadi 17 siswa (77,3%). Kata Kunci: partisipasi belajar, pembelajaran Aktif tipe Quiz Team

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 16 Aug 2016 04:27
Last Modified: 30 Jan 2019 10:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39908

Actions (login required)

View Item View Item